Program Kewirausahaan Ketrampilan menjahit Tahun 2009


Pendidikan memiliki peranan penting dalam transformasi sosial, pendidikan juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dengan pendidikan tersebut tentunya akan terbentuk masyarakat yang maju, mandiri, demokratis dan sejahtera.

Di Kabupaten Trenggalek, angka usia produktif yang tergolong pengangguran masih cukup tinggi sehingga perlu adanya pengembangan model – model pendidikan formal dan non formal agar angka usia produktif tersebut dapat ditekan.

Program Kewirausahaan Pemuda melalui Lembaga Kepemudaan Bidang Menjahit di Kabupaten Trenggalek telah dilaksanakan oleh Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Masyarakat ( PAMA ) Trenggalek mulai Oktober 2009 – Desember 2009.

Adapun peluang kewirausahaan menjahit sangat potensial di Kabupaten Trenggalek telah kami dapatkan dari pemetaan dan identifikasi peluang usaha selama pendampingan kewirausahaan program partisipasi lahan kering terpadu (PIDRA – DEPTAN) di Kabupaten Trenggalek, yang kesimpulannya yakni salah satu peluang usaha potensial adalah di bidang ketrampilan menjahit karena masih sedikit pelaku usaha di sektor ini sedangkan kebutuhan akan kemampuan ketrampilan menjahit setiap hari tetap dibutuhkan.

Tujuan dari Program Kewirausahaan Pemuda melalui Lembaga Kepemudaan, Bidang menjahit ini adalah untuk meningkatkan keterampilan, kecakapan dan profesionalisme warga belajar sesuai dengan minat, bakat perkembangan fisik dan jiwanya, serta lingkungannya sebagai bekal untuk berkarya dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat dan emngentaskan kemiskinan serta meningkatnya kualitas hidup.

Semoga program serupa bisa dilaksanakan kembali oleh Pihak-pihak terkait, sebagai upaya melatih dan mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh putra daerah trenggalek.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Program Kewirausahaan Ketrampilan menjahit Tahun 2009"

Post a Comment