Menentukan Jenis Bisnis atau Usaha


Untuk memulai sebuah bisnis atau usaha, terkadang memang sangat membingungkan, terlebih jika kita tidak pernah tau bagaimana orang berproses sehingga sukses dalam menjalankan roda bisnisnya.

Apapun usahanya, baik dalam skala kecil maupun besar, jika ingin berhasil tentunya harus membuat Plan (rencana) matang agar ketika menjalankan bisnis/usahanya tidak pontang-panting, tidak sedikit para pebisnis pemula mengalami kegagalan ketika berada di tengah-tengah, sebenarnya ini semua bergantung pada bagaimana anda mem-planing usaha tersebut.

Dari pengalaman saya ketika melakukan survey lapangan terhadap beberapa pengusaha kecil, kendala yang paling sering dihadapi oleh mereka adalah ketidakmampuannya dalam mengatur keuangan. Saya rasa ini bukanlah penyebab utama kegagalan tersebut, walaupun ini juga bisa dikategorikan sebagai sebab kegagalan, namun saya memandangnya sebagai akibat dari kesalahan awal rencana usaha.

lalu apa yang harus dipersiapkan terlebih dahulu?

sebenarnya jawabannya sangat sederhana sekali, memulai usaha itu seperti halnya ketika anda ingin pergi ketempat sesuatu, saya asumsikan anda pasti sudah dapat menentukan kemana anda akan pergi, lewat mana dan dengan apa?.

jadi saran saya adalah tentukan dulu usaha atau bisnis apa yang anda kehendaki. Masukkan juga jenis usaha yang anda senangi kedalam prioritas utama. tidak perlu terburu-buru dalam menentukan, ada baiknya anda melakukan survey terlebih dahulu untuk melihat tingkat kebutuhan pasar.

Saya memberi tantangan kepada anda, dalam sepekan ini cobalah untuk melihat bagaimana potensi pasar terkait dengan usaha yang anda tentukan. jika sudah pasti, saya akan memberikan tips-tips lain agar usaha anda bisa berjalan mulus sesuai yang diharapkan.

Siap menerima tantangan ini, selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Menentukan Jenis Bisnis atau Usaha"

  1. terimakasih kawan, terus pantau ya. kami akan sering-sering update postingan serupa

    ReplyDelete