Jejaring Sosial ini Bagus Untuk Pemasaran


Perusahaan Besar maupun kecil sekarang mempunyai banyak pilihan untuk menggunakan beberapa platform atau situs jejaring sosial. Meskipun Facebook dan Twitter adalah dua platform yang sangat, beberapa platform yang baru juga mulai terkenal dan disukai pengguna seperti Instagram dan Google+.

Kali ini kami membahas beberapa platform yang dapat digunakan untuk memasarkan produk-produk anda, diantaranya adalah

Twitter  (https://twitter.com)
Twitter seringkali juga disebut sebagai micro blogging platform atau platform blog mikro, karena singkatnya ruang pesan yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya. Twitter memungkinkan perusahaan untuk mempromosikan produk pada tingkat perseorangan. Penggunaan suatu produk dapat dijelaskan dalam pesan singkat yang kemungkinan besar akan dibaca oleh pengikut tersebut. Pesan-pesan tersebut akan terhubung ke situs produk, profil Facebook, foto, video, etc. Tautan (Link) ini memberikan banyak waktu berinteraksi dengan produk secara online.

Interaksi ini bisa menciptakan hubungan loyal antara produk dan individu dan juga mengarah pada kesempatan promosi yang lebih besar lagi. Twitter mempromosikan sebuah produk dalam real time dan membawa masuk pelanggan.

Menurut Sycomos, Indonesia adalah pengguna Twitter terbesar di Asia Tenggara dengan sekitar 19,7 juta pengguna diikuti Jepang dan India. Jadi bisa dibayangkan betapa besar peluang yang bisa dimanfaatkan perusahaan untuk memasarkan produknya.

Facebook (https://www.facebook.com)
Pengguna Facebook di Indonesia mencapai 69 juta dan 61 juta diantaranya berasal dari Gadget Mobile. itu berarti Banyak perusahaan atau pihak perorangan di Indonesia yang sudah menggunakan Facebook, baik itu Facebook Page maupun Laman Facebook untuk menonjolkan profil perusahaan, promosi, mengundang kegiatan, melaksanakan program loyalitas pelanggan maupun barang dan jasa. Profil Facebook lebih detail daripada akun Twitter. 

Facebook memungkinkan produk untuk memuat Video, Poto dan juga penjelasan panjang mengenai produk tersebut. Video bisa menunjukkan kapan sebuah produk bisa dipakai dan bagaimana memakainya. VIdeo ini bisa juga memasukkan Testimonial atau pengakuan pelanggan sehingga pengikut dapat berkomentar terhadap product page atau laman produk tersebut untuk dilihat oleh banyak orang. Facebook mempromosikan produk in real time atau seketika dan membawa masuk pelanggan.

Google+ (https://plus.google.com)
Google+ (Google plus) tergolong baru sebagai situs jejaring sosial, tetapi penggunanya semakin lama semakin banyak karena fitur yang disematkan tergolong lebih lengkap. selain menyediakan profil dan fitur seperti facebook, juga mengintregasikannya dengan mesin pencari (search engine) Google. 

siapa pengguna gadget android yang tidak kenal dengan google? mulai dari email berlabel gmail.com, google search engine, blogger dll. sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Google+ dapat anda jadikan sebagai salah satu media yang dapat mengenalkan produk-produk anda kepada kalayak ramai. Google+ juga memungkinkan dilakukannya metode pengiklan yang terfokus, layanan navigasi dan juga pemasaran dan promosi lainnya.

Instagram (http://instagram.com)Instagram adalah program berbagi foto gratis dan jejaring sosial yang diluncurkan bulan oktober 2010. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto, menggunakan filter digital foto tersebut, dan kemudian berbagi foto tersebut dengan pengguna instagram lain yang terkoneksi di jejaring sosial instagram maupun berbagai layanan jejaring sosial lainnya. di tahun 2014 pengguna instagram sudah melebihi 200 juta pengguna.

Referensi:
1. Buku Pedoman Praktis menjadi konsultan bisnis
2. image 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jejaring Sosial ini Bagus Untuk Pemasaran"

Post a Comment