Menciptakan Nilai Tawar/Unggulan


Sebelum anda membaca tentang bagaimana meciptakan nilai tawar unggulan, saya menyarankan anda memahami dulu pembahasan sebelumnya mengenai cara Menentukan Jenis Usaha/Bisnis dan cara Menentukan Segmnet Pelanggan. agar pemahaman anda untuk mencipatkan ide bisnis atau usaha tidak terpotong-potong.

Namun jika sudah memahami kedua artikel tersebut, silahkan simak penjelasanpenjelasan dibawah ini...

APA ITU NILAI TAWAR/UNGGULAN?
Nilai tawar/unggulan atau bisa disebut Value Propositions adalah beberapa produk atau jasa yang menjadi nilai lebih bagi kelompok pelanggan. Sebenarnya ini adalah serangkaian cara untuk bisa menarik pelanggan  agar tertarik membeli atau bekerjasama dengan anda. bagian ini adalah solusi atau jawaban atas apa yang mereka butuhkan, dan juga sebagai alasan kenapa pelanggan lebih memilih produk-produk yang kita hasilkan daripada produk dari pesaing.

sebelumnya saya mengilutrasikan budidaya jamur, nah sebagai contoh jika kita mempunyai usaha dibidang budidaya jamur maka kita bisa memasukkan Value Propositions seperti: Barang dikirim sampai rumah, harga yang murah, bebas ongkos kirim, dll. Atau jika anda mempunyai usaha dibidang pelayanan jasa, seperti jasa travel, maka Value Propositions yang bisa anda masukan adalah: pelayanan cepat, ramah, murah atau ada layanan kesehatan. Menciptakan nilai tawar yang kreatif dan efektif juga merupakan upaya untuk bisa menarik pelanggan kepada kita.

Pada umumnya Value Propositions menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti dibawah ini
  1. Nilai apa yang kita tawarkan ke pelanggan?
  2. Permasalahan pelanggan mana yang kita coba selesaikan?
  3. Apa kebutuhan pelanggan yangkita coba penuhi?
  4. Rangkaian produk dan jasa apa yang kita tawarkan untuk setiap kelompok pelanggan.
Jika anda berkeinginan agar usaha/bisnis anda maju serta mencapai kesuksesan maka anda harus memberikan nilai tawar atau nilai unggulan kepada pelanggan agar para pelanggan menemukan nilai dari hasil usaha anda. selamat mencoba

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menciptakan Nilai Tawar/Unggulan"

Post a Comment