Peran Konsultan Bisnis Koperasi dan UMKM


Profesi Konsultan Pendamping Bisnis untuk Koperasi dan UMKM pada dasaranya sama dengan konsultan bisnis lainnya yaitu memberikan nasehat dan solusi bisnis kepada kliennya. Sepuluh tahun terakhir, profesi ini semakin berkembang seiring dengan bertambah banyaknya pengusaha dan wirausahawan baru setelah krisi ekonomi 1997-1999. Dengan banyaknya PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) karyawan dan sulitnya mendapat pekerjaan baru maka pilihan yang tersisa adalah menjalankan usaha sendiri.

Peluang berwirausaha semakin terbuka dengan perkembangan internet yang memudahkan orang mendapat informasi dan mempromosikan produknya secara murah. Begitu banyak wirausahawan baru dari kalangan generasi muda yang sukses memasarkan produknya melalui jalur penjualan menggunakan fasilitas teknologi informasi tersebut. Mereka membuka toko online atau menjual jasanya melalui website atau blog. beberapa tahun terakir bahkan sosial media seperti facebook dan twitter telah menjadi sarana ampuh untuk menjual produk atau menjaring kerjasama kemitraan menjual waralaba, keagenan dan peluang usaha lainnya.

Gairah berwirausaha yang terus tumbuh ini pada gilirannya memunculkan permintaan terhadap jasa konsultan bisnis atau KUMKM, karena setiap bisnis atau wirasusahawan selalu dihadapkan pada masalah atau tantangan dan resiko bisnis. Gagal mengelola maka bisnisnya terancam bangkrut. Dan memang faktanya, sekitar 90% usahawan baru mengalami bangkrut sebelum usahanya berumur 5 tahun. Penyebab kegagalannya bermacam-macam, bisa karena produknya tidak laku atau gagal dalam pemasaran, manajemen khas yang buruk, proses bisninya tidak efisien, kehabisan modal, tertipu dan sebagainya.

Untuk menurunkan resiko kegagalan tersebut maka peran konsultan pendamping bisnis untuk KUMKM sangat dibutuhkan. Tugas mereka adalah membantu memberikan solusi terhadap permasalahan KUMKM yang menjadi kliennya sehingga bisnisnya menjadi semakin baik dan memberikan keuntungan. Bukan bisnis kalau terus merugi, dan bukan disebut bisnis kalau selalu tergantung kepada pemiliknya. Suatu usaha disebut bisnis kalau usaha tersebut menguntungkan dan bisa berjalan tanpa harus dikelola langsung oleh pemiliknya. Nah disitulah peran seorang konsultan pendamping bisnis KUMKM, yaitu bagaimana membantu kliennya agar usahanya mendapat keuntungan dan bisninnya dapat berjalan dengan didukung sistem manajemen yang baik.

Referensi: Buku Pedoman Praktis Menjadi Konsultan...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peran Konsultan Bisnis Koperasi dan UMKM"

Post a Comment