Bagaimana Cara Menjaga Hubungan Dengan Pelanggan?


Bagaimana kabar anda hari ini? semoga kebaikan dan kesehatan selalu menyertai setiap gerak aktifitas anda. 
Dan bagaimana kabar perkembangan usaha anda? 
Sudahkah usaha yang anda geluti membuahkan hasil maksimal? atau usaha anda malah menunjukkan tanda-tanda yang kurang begitu anda harapkan. 

kami do'akan semoga usaha anda berjalan lancar. amin

Sebelum masuk kedalam topik pembahasan lanjutan ini, ada baiknya anda kembali lagi membaca KIAT-KIAT BISNIS dari awal sampai terakhir, saya hanya berharap pemahaman yang anda peroleh disini bisa secara urutan, tentunya ini akan mempermudah prakteknya.

Pembahasan lanjutan ini saya beri judul Bagaimana cara anda menjaga hubungan dengan pelanggan? tentu yang saya maksud adalah hubungan baik ya, bukan hubungan yang malah merugikan bisnis anda. di artikel sebelumnya saya pernah menulis tentang Membuat saluran bisnis dan ini berkaitan langsung dengan pembahasan ini, karena jika anda sudah menentukan bagaimana produk anda didistribusikan maka anda sangat perlu menjaga hubungan baik dengan pelanggan yang telah membeli produk-produk yang anda hasilkan.

Hubungan pelanggan merupakan jenis hubungan yang dibangun perusahaan dengan Segmen Pelanggan untuk menjaga loyalitas mereka. ingat yah tujuannya untuk menjaga LOYALITAS. Saya berasumsi bahwa anda sudah sangat memahami makna LOYAL ini. Loyal ini berkaitan dengan kepercayaan yang telah anda berikan kepada segmen pelanggan anda. jika loyalitas pelanggan sudah terbentuk, tentunya anda akan mudah ketika akan menawarkan produk baru anda atau pelanggan akan merasa tidak puas jika tidak membeli dari produk anda.

Cara menjaga hubungan dengan pelanggan tentunya bisa dengan banyak cara, banyak perusahaan besar yang menerapkan sistem reward berhadiah namun jika anda tidak punya anggaran untuk itu, anda bisa melakukan inovasi perbaikan kualitas produk anda secara berkala.

banyak pakar bisnis mengatakan bahwa dengan menjaga dan melakukan perbaikan perbaikan dalam kualitas produk akan dapat memberikan rasa aman dan nyaman terhadap pelanggan anda. namun jika anda menerapkan hal sebaliknya, tentu produk anda hanya akan dijadikan percobaan pembeli dan tidak akan membeli produk-produk anda.

Anda juga bisa melakukan pelayanan yang ekstra, ekstra yang saya maksud adalah dalam hal pelayanan, dengan menerapkan senyum salam sapa terhadap pelanggan yang baru membeli kepada anda, itu dapat menambah loyal pelanggan untuk mau berlangganan kepada anda. selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Cara Menjaga Hubungan Dengan Pelanggan?"

Post a Comment