Debat Publik Perdana Cabup-Cawabup Trenggalek Aman Terkendali

PAMA. Acara debat publik putaran I yang telah di prakarsai oleh KPU Kabupten Trenggalek dinilai aman terkendali. Debat perdana dengan tema “Relevansi Visi, Misi, Program Pasangan Calon dengan Persoalan-Persoalan Daerah dan RPJP Kabupaten, RPJP Propinsi dan RPJP Nasional” disuguhkan ke hadapan publik warga Trenggalek pada hari Minggu, 20 September 2015 di gedung balai benih ikan (BBI) Kabupaten Trenggalek. Acara ini ditayangkan live di JTV-Trenggalek dan akan disiarkan ulang pada hari Rabu tanggal 23 September 2015 pukul 15.30 -17.00 WIB.

Foto para Cabup-Cawabup di atas panggung saat acara debat publik

Audiens dari acara debat publik putaran I ini  adalah para undangan, yang terdiri dari Panwaslihkab dan KPU dari Kabupaten Ngawi, Pacitan, dan Ponorogo. Juga hadir  tim kampanye dari masing-masing pasangan calon. Tim dan pendukung dari masing-masing pasangan calon maksimal sejumlah 25 orang. 

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Trenggalek sebagai penyelenggara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek tahun 2015  diamanatkan oleh Undang-Undang dan peraturan untuk mengadakan acara debat publik pasangan calon bupati dan wakil bupati yang berkontestasi pada tahun 2015 ini. Tata laksana mengenai kegiatan debat publik didasarkan pada Peraturan KPU Nomor 7 tentang Kampanye karena acara debat publik adalah bagian dari kegiatan kampanye yang bertujuan untuk membuat kegiatan agar pasangan calon (paslon) bisa menyampaikan visi, misi, dan programnya kepada publik.

Kelebihan debat publik ini adalah bahwa pasangan calon dapat menyampaikan visi-misinya secara terstruktur dan sistematis  dan sekaligus secara langsung bisa ditanggapi oleh masing-masing paslon. Dengan demikian, publik bisa mengetahui bagaimana calon mengartikulasikan dan menyampaikan gambaran konseptual maupun taktik apa yang akan diperbuatnya untuk Trenggalek setelah ia terpilih. 

Di sini, publik juga bisa mengetahui secara gamblang bagaimana kemampuan berbicara dan menyampaikan gagasan dari pasangan calon. Terlebih lagi, publik juga bisa menilai bagaimana visi-misi pasangan calon benar-benar bisa diaplikasikan. Melalui proses interaktif yang dipandu oleh moderator dan disaksikan audiens secara langsung maupun tayang ulang, penilaian publik bisa lebih intensif dibanding dari kampanye bentuk lainnya. [Nurani Esos]

BACA: Jadwal Debat Publik Cabup-Cawabup Kabupaten Trenggalek Tahun 2015

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Debat Publik Perdana Cabup-Cawabup Trenggalek Aman Terkendali"

Post a Comment