Pelatihan UMKM Trenggalek Menuju UMKM Naik Kelas

Peserta pelatihan UMKM

PAMA Trenggalek. Kualitas UMKM di Kabupaten Trenggalek sampai saat ini masih belum begitu baik, pasalnya sumber daya yang dimiliki para pelaku usaha belum begitu maksimal, meskipun semangat untuk berwirausaha dari masyarakat trenggalek begitu tinggi, hal ini dibuktikan dengan antusiasme masyarakat yang semakin tinggi dalam berwirausaha.

Pada hari kamis tanggal 18 September kemarin, LPPM PAMA Trenggalek yang tergabung dalam Asosiasi Business Development Service (BDS) Bekerjasama dengan Sekretariat Daerah bagian Perekonomian Kabupaten Trenggalek mengadakan Pelatihan UMKM Menuju UMKM Naik Kelas, Baca: Definisi UMKM Naik Kelas dengan menghadirkan 30 pelaku usaha yang ada di trenggalek.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk meng-upgrade pengetahuan para pelaku usaha di trenggalek supaya lebih mahir lagi dalam me-manajemen usahanya, adapun yang menjadi fokus bahasan pada pelatihan ini adalah mengenai pembukuan, Jaringan pemasaran dan inovasi produk. ketiga pokok materi diatas dimunculkan berdasarkan kebutuhan bisnis para para pelaku usaha yang sebelumnya telah di survey.

Kegiatan pelatihan sehari ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Koperindagtamben Kabupaten Trenggalek dan juga perwakilan dari Dispenda Kabupaten Trenggalek. Dalam sambutanya, Kepala Diskoperindagtamben sangat mengapresiasi kegiatan ini karena inilah yang sebenarnya diperlukan oleh para pelaku usaha di Trenggalek untuk bisa memajukan bisnisnya dan juga untuk meningkatkan daya saing produknya.

Tidak hanya berhenti sampai saat ini, pelatihan UMKM Menuju UMKM Naik kelas ini akan dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan kepada 30 pelaku usaha yang dipilih oleh konsultan-konsultan PAMA (Baca: Peran Konsultan Bisnis Koperasi dan UMKM) guna menguatkan dan memastikan apakah para peserta pelatihan dapat menyerap materi yang diberikan oleh narasumber sekaligus mampu menerapkan kedalam manajemen usahanya. Semoga langkah ini dapat menjadi motivasi bagi para pelaku usaha di Kabupaten Trenggalek dan lebih serius dalam mengahdapi MEA nanti. (MTB)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelatihan UMKM Trenggalek Menuju UMKM Naik Kelas"

Post a Comment