Kolaborasi BDS dengan Dinas Bidang UMKM


Baru-baru ini UPT Diklat Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur mengadakan Rapat Koordinasi Antara Business Development Service atau biasa disingkat BDS dengan Dinas Kabupaten/Kota Bidang UMKM. kegiatan ini diadakan untuk mempersiapkan Kegiatan Diklat Managerial bagi pelaku usaha yang tersebar di seluruh Provinsi Jawa Timur.

Dengan semangat bersama untuk segera mewujudkan UMKM naik kelas serta membantu para pengusaha baik mikro, kecil dan menengah untuk terus berdaya maka hal ini adalah langkah positif yang diharapkan dapat terealisasi dengan baik, hal ini tidak lain adalah sebagai upaya pemerintah dan BDS untuk menghadapi MEA 2015 yang dalam hitungan bulan akan segera diberlakukan.

Acara Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Asosiasi BDS Indonesia wilayah Jawa Timur dan juga Dinas Bidang UMKM yang tersebar di 38 Kabupaten/kota di Jawa Timur, Termasuk juga BDS-P PAMA Trenggalek yang merupakan satu-satunya lembaga di Trenggalek yang tergabung dalam asosiasi BDS Indonesia.

Adapun Fungsi dan Tugas dari BDS seperti yang tertuang dalam PERATURAN MENTERI NEGARA KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR : 02/Per/M.KUKM/I/2008 TENTANG PEDOMAN PEMBERDAYAAN BUSINESS DEVELOPMENT SERVICES-PROVIDER (BDS-P) UNTUK PENGEMBANGAN KOPERASI, USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (KUMKM) adalah sebagai berikut:
  1. BDS-P berfungsi sebagai lembaga penyedia layanan pengembangan bisnis sesuai dengan kebutuhan KUMKM. 
  2. BDS-P mempunyai tugas pokok
    a.  bimbingan-konsultasi layanan pengembangan bisnis; 
    b.  pendampingan bisnis; 
    c.  memfasilitasi akses terhadap sumber daya produktif antara lain: modal, pasar, teknologi,            manajemen dan informasi. 
  3. Pemberian layanan pengembangan bisnis kepada KUMKM sebagaimana dimaksud pada ayat (2), dilakukan sesuai dengan kebutuhan, dan dapat berupa antara lain, identifikasi potensi dan permasalahan bisnis, bimbingan pengembangan rencana bisnis, kemitraan dan kebutuhan pengembangan bisnis lainnya.
Semoga Diklat yang akan dilakukan mampu memberikan manfaat kepada UMKM serta diharapkan mampu Menciptakan Pelaku UMKM yang handal dan dapat bersaing di ERA MEA 2015.

Trie Susilo

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kolaborasi BDS dengan Dinas Bidang UMKM"

Post a Comment