Marketing, Cara Memahami dan Memuaskan Pelanggan Anda

Marketing, Cara Memahami dan Memuaskan Pelanggan Anda

Bisnis. judul "Marketing, Cara Memahami dan Memuaskan Pelanggan Anda" ini diperoleh dari Modul Diklat Training of Entrepreneurs Start Your Business yang di laksanakan oleh UPT Diklat Koperasi dan Umkm Provinsi Jawa Timur, Sebagai bahan materi pelatihan para pelaku UMKM di seluruh Jawatimur dengan tema Start Your Business.

Apa Itu Pemasaran?

Secara garis besar pemasaran adalah aktivitas untuk merencanakan barang apa yang akan dihasilkan, menentukan harganya, mempromosikan dan mendistribusikan barang tersebut, sehingga dapat memuaskan keinginan para konsumen saat ini maupun konsumen potensial. pemasaran mencakup kegiatan: Menyelidiki dan mengetahui keinginan konsumen, merencanakan dan mengembangkan produk atau jasa yang akan memenuhi keinginan tersebut, memutuskan cara terbaik untuk menentukan harga mempromosikan dan mendistribusikan produk atau jasa tersebut.

Dari keterangan diatas dapat diambil simpulan praktis bahwa pemasaran adalah segala sesuatu yang anda lakukan untuk mendapatkan informasi siapa pelanggan anda dan apa yang pelanggan butuhkan dan inginkan.

Perbedaan Penjualan dan Pemasaran

Orientasi penjualan adalah mengenai kebutuhan penjual, sedangkan pemasaran lebih kepada kebutuhan pelanggan. Tujuan penjualan adalah untuk melakukan transaksi penjualan dengan pelanggan sedangkan tujuan pemasaran adalah memperoleh laba dengan memperhatikan kepuasan pelanggan, kalau dilihat dari perencanaan, penjualan termasuk rencana jangka pendek sedangkan pemasaran termasuk kedalam rencana jangka panjang

Siapakah Pelanggan Anda?

Secara umum dapat disebut sebagai:
  • Orang-orang yang akan membeli barang anda saat ini
  • Orang-orang yang anda harapkan akan membeli barang dari anda di masa depan
  • Orang-orang yang berhenti membeli barang dari anda, tetapi anda mengharapkan bahwa mereka akan membeli lagi
Jika disimpulkan maka pelanggan anda adalah orang atau bisnis lain yang menginginkan barang/jasa anda dan bersedia membayar harga yang telah anda tetapkan untuk barang tersebut, sehingga seorang pengusaha harus mengenali pelanggan untuk dapat melayaninya secara baik, dan inilah titik awal dari pemasaran.

Sebagai seorang pengusaha, agar proses marketing berjalan dengan baik anda dituntut untuk mendapatkan informasi dari pelanggan mengenai:
  • Jenis-jenis pelanggan seperti apa saja yang menginginkan barang anda?
  • Produk apa yang mereka inginkan?
  • Berapa harga yang bersedia mereka bayarkan?
  • Dimana mereka berada dan dimana mereka biasa berbelanja?
  • Seberapa sering dan seberapa banyak mereka berbelanja?
  • Siapa pesaing anda dan apa yang mereka tawarkan?
Lalu dari mana informasi itu anda dapatkan? ada beberapa sumber yang bisa dijadikan sebagai informan, diantaranya:
  • Berbicara dengan pelanggan yang ada
  • mendengarkan yang dibicarakan oleh sesama pelanggan
  • Cari tahu mengapa pelanggan datang dan berhenti (introspeksi diri)
  • Dengan mempelajari bisnis pesaing anda
  • Mencari informasi tentang bisnis sejenis di media (Baca Perlunya Pemasaran Melalui Media Sosial)
Dari beberapa definisi diatas mungkin ada belum dimengerti? materi ini cukup panjang dan untuk melanjutkan kesesi berikutnya anda perlu untuk memahaminya secara gamblang, ada pertanyaan silahkan berkomentar dibawah. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Marketing, Cara Memahami dan Memuaskan Pelanggan Anda"

Post a Comment