Mengunakan SOSMED yang Efektif untuk UMKM


Ada beberapa hal bisa dilakukan secara sederhana untuk memanfaatkan media sosial untuk sarana pemasaran bagi KUMKM, diantaranya:

  1. Profil Perusahaan
    Perusahaan atau organisasi besar biasanya menggunakan Blog atau Facebook untuk "mewakili" citra perusahaan. Tujuan utamanya adalah agar konsumen atau pengguna barang/jasa perusahaan tersebut merasa menjadi bagian dari suatu kelompok yang loyal atas produk atau jasa perusahaan/organisasi tersebut. Lihat misalnya perusahaan Apple atau WWF. Hal semacam ini bisa diterapkan untuk KUMKM.

  2. Sarana Beriklan dan Memberikan Informasi
    Sangat Mudah menyampaikan pesan beriklan di media sosial, Dengan men-tweet atau memasang status di Facebook, Google+ atau Linkedin, seseorang bisa menyampaikan hal baru atau mempromosikan produk baru kebanyak khalayak ramai.

  3. Loyalitas Pelanggan
    Agar pelanggan tidak berpindah ke lain hati, bisa juga media sosial dipakai untuk melayani pelanggan agar loyal kepada brand, produk maupun layanan suatu perusahaan atau organisasi. Bahkan Presiden Jokowi pun dalam memenangkan Pemilu Kepresidenannya karena dikenal sangat pintar memanfaatkan Media Sosial untuk menggalang loyalitas pengikutnya agar memilih beliau. Nah ini juga bisa di adopsi oleh KUMKM meskipun produk dan layanan mereka sederhana.

  4. Meningkatkan Penjualan
    Secara berkala, lewat berbagai platform, KUMKM bisa mempromosikan produk baru, memberikan Diskon, mengajak untuk berpartisipasi d alam kegiatan, dan berbagai hal yang sudah diperlukan untuk meningkatkan penjualan. Perusahaan besar sudah sangat pintar memanfaatkan ide ini untuk menjual produk mereka yang baru, saya tidak perlu menyebutkan, anda sudah tau bukan?

  5. Sarana Berdagang
    maraknya penjualan baju, tas barang elektronik secara online lewat Facebbok, Twitter atau media sosial lain menunjukkan bahwa sarana ini memang efektif untuk berdagang, karena pengguna Facebook di Indonesia bisa dikatakan banyak dan mereka enggan untuk loncat dari situs satus ke situs lainnya. Namun jika anda memang benar-benar tertarik untuk menggunakan media sosial sebagai sarana promosi, maka saya lebih merekomendasikan Facebook sebagai sarana utamanya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengunakan SOSMED yang Efektif untuk UMKM"

Post a Comment