Menentukan Kelompok Pelanggan


Dalam membangun usaha/bisnis, tentunya tidak semerta-merta langsung menuai hasil, ada tahapan-tahapan khusus yang harus dilalui agar dalam menjalankan bisnis/usaha bisa maksimal, salah satu cara nya adalah dengan menentukan siapa kelompok pelanggan yang akan anda jadikan target, ini penting karena sejauh ini para pembisnis/pengusaha pemula gagal dalam menentukan Customer Segments (Kelompok Pelanggan)

Namun sebelum anda membaca artikel ini, sebaiknya anda tentukan dulu apa bisnis/usaha anda. Baca ini menentukan jenis bisnis atau usaha agar anda bisa memahami langkah-langkah bisa menjadi pebisnis atau pengusaha yang handal.

APA ITU KELOMPOK PELANGGAN?
Dalam tool Business Model Canvas Kelompok Pelanggan atau disebut Customer Segment adalah Berbagai kelompok  yang akan anda raih atau dilayani berdasarkan bisnis/usaha yang telah anda tentukan sebelumnya. saya katakan ini penting karena keberhasilan bisnis/usaha anda tergantung pada hal ini.

BAGAIMANA CARA MENENTUKAN KELOMOK PELANGGAN?
saya ilustrasikan bahwa saya adalah pengusaha jamur, disini sudah jelas bahwa  konsentrasi usaha saya adalah budidaya jamur, maka saya dapat menentukan segmen pelanggan yang akan saya raih, seperti:
  1. Kelompok rumah tangga
  2. Kelompok Reseller (penjual keliling)
  3. dll
Anda dapat menambahkan siapa pelanggan yang akan diraih, tentunya harus sesuai dengan jenis bisnis/usaha. anda tidak bisa memasukkan kelompok pelajar sekolah dasar sebagai pelanggan anda, ini tidak relevan.

Nah, jika bisnis/usaha yang kita bangun sudah dapat menemukan siapa kelompok pelanggan yang akan diraih, saya yakin anda akan menjalaninya dengan mudah.

ikuti terus artikel ini sampai akhir ya, biar usahanya tambah greget.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menentukan Kelompok Pelanggan"

Post a Comment